Pages

Sabtu, 31 Januari 2015

Review: Tabula Rasa dan Tebak Secret Santa

Judul : Tabula Rasa
Pengarang : Ratih Kumala
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Terbit : September 2014 (Cetakan I edisi cover baru)
Halaman : 192
Harga : Rp. 58.000,-
ISBN : 978-602-03-0946-0

Pada awal novel ini, kita akan dibawa kembali ke tahun 1990 saat Galih masih kuliah di Moskwa dan jatuh cinta pada gadis berkewarganegaraan tersebut bernama Krasnaya yang suka melukis. Hari-hari Galih di Moskwa semakin berwarna sejak hadirnya Krasnaya. Sayangnya, saat itu Moskwa mengalami gonjang-ganjing sehingga negara tersebut memulangkan orang-orang yang bukan warga negaranya, termasuk Galih. Mereka berdua pun terpisah.

Lalu, kita dibawa menyelami pikiran Raras melalui sudut pandangnya. Dulu, Raras mempunyai seorang sahabat perempuan bernama Violet, atau biasa ia panggil Vi. Sayangnya, Vi adalah pecandu narkoba dan sempat mendekam di pusat rehabilitasi. Raras selalu menemani Vi dan menyemangati Vi agar ia bisa sembuh.

Pada tahun 2001, Galih dan Raras bertemu dan mereka saling jatuh cinta walaupun Galih adalah dosen Raras, walaupun ia tak pernah mengajarnya secara langsung.


Ratih Kumala mengemas novel sastra yang terbit pertama kali tahun 2004 ini dengan sangat apik. Apalagi dengan latar di Moskwa yang saat itu sedang berbahaya, topik utama cinta yang dibumbui oleh realitas kehidupan ditulis dengan sangat apik. Membaca novel ini awalnya mungkin agak terasa seperti teenlit, namun setelah kita menggali lebih dalam, Ratih mengangkat tema yang cerdas. Tak heran, novel ini mendapat nomor kemenangan di Sayembara Menulis Novel 2003 yang diselenggarakan oleh Dewan Kesenian Jakarta. Budi Darma, Maman S. Mahayana, dan Puthut EA juga turut memberikan pujian di cover belakang novel ini. Hanya, agak terganggu dengan terjemahan yang tidak perlu seperti, “Still wanna see that old grandpa there or not? Masih mau lihat ‘kakek’ nggak?” (Hal. 4)

TEBAK SECRET SANTAA!


Sebelumnya, aku ingin mengucapkan mohon maaf yang sebenar-benarnya karena baru review sekarang. Hiks.. hiks... Udah lama postingnya, dan aku benar-benar nggak tahu siapa Santa-ku yang baik hati :( huhuhu... Maafkan aku ya, Santakuu

3 komentar:

  1. Aduh...Z, pukpuk. Jangan sedih gitu. Yang pertama di kamu kan Z. Coba cari siapa yg terakhir punya itu
    *kabur lagi ah sebelum dijitak si santa Z*

    BalasHapus
  2. Haduh zahra, tunggu ya.
    Bentar lagi pasti muncul

    BalasHapus
  3. Hi Zahra..
    Perkenalkan, aku Opat, Santamu. Hehehehe..
    Jadi kamu nggak tahu siapa aku? Apah?!!! *dikeplak*

    Ehm, jadi gini, mari kita telusuri teka-tekinya yang ditulis di kertas super sederhana. Petunjuknya merujuk kepada list peserta Secret Santa 2014.

    Surat dimulai dengan huruf Z. Kalau kamu lihat daftar list anggota BBI yang ikut Secret Santa 2014, aku satu-satunya orang yang namanya berakhiran huruf Z.
    Lalu kalimat "satu tahun, lalu aku hadir" itu adalah nomor anggota BBI. Kamu jadi anggota BBI bulan 5 tahun 2013 kan. Nah di list itu bisa dilihat aku satu-satunya yang jadi anggota BBI di bulan 5 tahun 2014.
    Petunjuk terakhir, BFF. Itu singkatan domain blogku. bukufamufamu.

    Jadi begituuu...
    Terima kasih yaa sudah dibuat reviewnya :)

    BalasHapus