Pages

Rabu, 11 Desember 2013

Review: Victory

Judul: Victory
Pengarang: Luna Torashyngu
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Terbit: Januari 2006
Halaman: 290

Sinopsis:
Benarkah tinggal serumah dengan saudara tiri sangat nggak menyenangkan? Kalo pertanyaan itu diajukan pada Raka, dia pasti setuju. Paling nggak itulah yang ia alami ketika harus tinggal dengan Oti, adik tirinya yang tomboi abis. Tingkah laku Oti sering bikin Raka keki.

Apa bener Oti emang bandel dan susah diatur? Ia memang cablak, tukang perintah, dan sok jagoan. Pokoknya nggak cewek banget deh. Tapi Oti berani membela teman sesama kelas 1 SMA yang digencet kakak kelasnya. Ia juga rela berantem melawan preman yang mengancam teman-temannya.

Perlahan perasaan Raka kok mulai beda ya? Orang bilang benci itu awal cinta. Tapi apa hal itu berlaku untuk Raka? Oti kan adiknya, walau cuma adik tiri.

Review:
Hidup Raka berubah setelah kedatangan Oti di rumahnya. Rumah yang tadinya selalu sepi, aman, dan tenteram menjadi ribut, berantakan, dan berisik semenjak ada Oti. Awalnya Raka nggak suka banget sama Oti. Karena bagaimana pun kan, mama Oti yang mengambil papa Raka dari mama Raka, menurutnya. Pokoknya tiada hari tanpa bertengkar deh, mereka berdua. Untungnya, Ai, adik kandung Raka, nggak sebel juga sama Oti. Ai malah seneng dengan kedatangan Oti karena akhirnya ia bisa punya kakak perempuan.

Nah, selain di rumah, kelakuan Oti di sekolah pun nggak beda jauh di sekolah. Di sekolah ia berani ngelawan kakak kelasnya yang suka semena-mena, yaitu geng FIESTA. Ternyata, hal itu yang membuat Bayu, kakak kelas Oti, tertarik pada Oti. Oti tentu saja senang ditaksir Bayu karena Bayu itu ganteng dan terkenal di sekolahnya.

Namun, suatu hari Revi, salah satu anggota FIESTA, menantang Oti untuk ikut Pemilihan Putri SMA. Ajang kecantikan semacam Puteri Indonesia gitu, lah. Oti yang saat itu sedang emosi, tentu saja langsung menerima tantangan tersebut. Setelah dipikir-pikir, apa mungkin Oti bisa menang? Revi kan sudah malang-melintang di dunia model. Sedangkan Oti? Gaya jalan dan bicaranya saja seperti itu. 

Selama Oti di karantina, Raka merasa rindu dengan keributan yang ditimbulkan adik tirinya itu. Apakah rasa rindu itu hanya sebatas rindu seorang kakak kepada seorang adik atau rasa rindu yang lain? Raka bingung. Karena menurutnya, Oti tidak cantik seperti Ajeng, adik kelas Raka yang sedang ditaksirnya. Terus, apa yang membuat Raka tertarik pada Oti? Dan lagipula, Oti itu adik tirinya. Walau nggak ada hubungan darah sama sekali. Tapi kan tetap saja, tidak enak dilihat kalau saudara tiri naksir saudara tirinya yang lain.

Akhirnya baca teenlit ini juga. Sebenernya aku nge-fans sama Luna Torashyngu sejak baca teenlit series-nya yang D'Angel. Novelnya beda dari teenlit kebanyakan, lho! Tapi, selama baca Victory ini aku merasa Victory ada beberapa kesamaan dengan Beauty and the Best (novel Luna yang lain). Yaitu sama-sama berkompetisi untuk memenangkan sesuatu dan ada jurusan Geologi Unpad-nya. Ya, cuma itu sih. Hehehe...

Tapi overall, aku suka ide ceritanya. Pikiranku bisa diubah-ubah sama Luna. Pertama aku mikir "Loh, ini kan nggak bisa gini." Eh, ternyata di halaman-halaman berikutnya, kejanggalan-kejanggalan itu dijelaskan dan ya, bisa diterima oleh pikiranku, lah.

Psst...ada banyak kejutan yang diberikan novel ini. Jalan ceritanya tuh, yang bikin.......aah, baca saja deh! :p

2 komentar:

  1. wah geologi unpad apa nih? :D belum pernah baca novel luna torashyngu XD itu nama samaran ya? aslinya cowok or cewek kah? *malah jadi kepo* ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada apa sama geologi unpad kak? :D iya, itu nama samaran, aslinya cowok hehe

      Hapus